Minggu, 05 Mei 2013

Sebuah Catatan Perjalanan




Setelah Dilema
Rabu, 15 Desember 2012, tepat pukul 05:00 sore tadi, aku kemudian memutuskan untuk mengambil formulir pendaftaran peserta Re-Lagaligo XII UPSKBS UMI. Ditemani temanku bernama Almuhajirin aku mendaftarkan diri di dua hari terakhir pendaftaran, aku mendaftarakan diri untuk devisi teater, untuk mengikuti pendaftaran ini membutuhkan pemikiran yang panjang bagiku, sebab tak mudah bagiku untuk memutuskan karena terlalu banyak kegiatanku serta tugas-tugas kuliah yang mungkin akan mendatangiku, belum lagi tanggung jawabku sebagai koordinator divisi penyiaran di RPMG yang tiap saat harus monitoring untuk mengontrol jalannya siaran. Namun karena pertimbanganku bahwa untuk menunggu kesempatan kedua, dua tahun kedepan itu mungkin akan membuatku berpikir lagi untuk berpartisipasi, sebab dua tahun ke depan adalah tahun-tahun terakhir aku di universitas, sebab aku telah menargetkan aku selesai secepat mungkin dan juga aku telah menunggu satu tahun untuk bergabung dengan UPKSBS UMI, dan kini waktunya telah datang. kalau masalah LAB. dan tugas-tugas kuliah sepertinya juga tidak begitu berat jadi untuk apa melepaskan kesempatan ini. Setelah dilema panjang akhirnya ini keputusanku mendaftarkan diri menjadi calon peserta Re-lagaligo XII UPKSBS UMI.


Mereka Akhirnya Ikut Juga
            Hari ini Kamis, 6 Desember 2012, hari terakhir pendaftaran dan pengembalian formulir, dan hari ini juga aku mengembalikan formulirku.Formulir sudah ku isi tinggal melengkapi beberapa berkas saja yang belum sempat aku print.Pukul 06:45 aku sudah ke kampus, sebab pagi ini aku ada siaran pagi dan hari ini aku juga piket membersihkan studio. Setelah selesai siaran aku kemudian menyelesaikan beberapa berkasku yang belum sempat di print dan juga potoku juga belum ada. Tepat pukul 13:15, aku mengikuti kuliah akhlak, tetapi aku tidak mengikuti kuliah dengan semestinya, aku mondar-mandir mesjid untuk photo copy kartu identitas yang belum sempat aku copy. Kesibukanku ini di tangkap oleh Latifah dan Sarah, aku mulai melihat sinyal-sinyal ingin  mendaftar di matanya, mereka mulai bertanya tentang berkas-berkas yang di sediakan untuk pendaftaran, aku kemudian menjelaskan kepada mereka dan ternyata berkas-berkas mereka siap, tinggal beberapa yang perlu dilengkapi seperti memperbanyak foto, photo copy kartu identitas dan surat keterangan bersedia mengikuti pendaftaran itu pun mereka cukup mengopi dan mengedit punyaku. Setelah mereka mempertimbangkan akhirnya mereka pun bergegas ke secretariat UPKSBS UMI untuk mengambil formulir.
            Selepas kuliah mereka pun melengkapi berkas-berkas mereka, setelah berkas-berkas mereka siap kami pun bersama-sama ke secretariat untuk mengembalikan formulir. Namun, latifah mengalami kesulitan di sini sebab ternyata dia tidak memiliki satu pun kartu identitas sebab beberapa waktu yang lalu dompetnya hilang, panitia menyerahkan kembali formulir latifah dan hanya akan di terima jika sudah memiliki kartu iedentitas. Setelah mengambalikan formulir aku kemudian menemani latifah untuk mengurus kartu identitasnya, untung saja dia masih ingat ada photo copy dari KTPnya yang dia simpan, jadi kami pun ke kostnya untuk mengambil copyan kartu tersebut, setelah itu kami mengembalikan formulirnya. Hummmmmm….. selesai satu tahap hari ini, dan pada akhirnya mereka pun ikut yang kemarin berisi teguh tidak mau mendaftar, sampai ada kata terakhir yang pernah latifah katakan kepadaku “ Cerdas dulu, baru ikut yang seperti itu” ( yah.. kurang lebih seperti itu katanya), lalu aku menjawab “ kalau tunggu sampai cerdas, sampai kapan? Sampai kesempatan itu hilang untuk belajar???”.  Hehehhehe…..

Akhirnya Aku Bunuh Diri
            Hari ini akhirnya datang juga Sabtu, 8 Desember 2012.Pagi-pagi aku sudah bangun setelah jogging, bersih-bersih kamar, menyetrika pakaian terbaikku untuk hari ini aku kemudian mandi setelah sarapan aku bergegas ke kampus.Sesampai di kampus aku langsung ke secretariat UPKSBS UMI untuk menanyakan tempat audisi untuk tahap kedua dari Re-lagaligo XII.Di secretariat aku mendapati seorang panitia, dia kemudian menyuruhku untuk ke auditorium Aljibra tempat berlangsungnya audisi. Setelah di Auditorium Aljibra dan mengisi daftar peserta audisi, aku kemudian menunggu bersama peserta yang lain sampai nama kami di panggil oleh panitia untuk memasuki ruang audisi atau di sini disebut kamar Bunuh Diri. Lama menunggu melelahkan juga apalagi harus mengantri untuk 200 lebih pendaftar hhuuuu… aku pun bercakap-cakap dengan peserta lainnya, ternyata bermacam peserta dari berbagai jurusan di UMI, seperti KESMAS, kebidanan, Hukum, Teknik, ekonomi, tapi yang lebih mendominasi peserta dari FIOM, FTI, FKM, FH,. Setelah dua jam menunggu panitia mengatakan akan istrahat untuk shalat Dhuhur sampai pada pukul 13:00.
            Tepat pukul 13.00 audisi kembali di mulai, setelah menunggu satu jam akhirnya namaku pun di panggil.Deg-degan hummm…. Dikit, sebelum masuk,  pertama berkas aku di periksa dulu, kemudian aku menunggu beberapa menit, tak lama kemudian aku masuk keruang bunuh diri. Aku mengapresiasikan apa yang ku punya, acting dan menggambar. Setelah itu kemudian aku mengembalikan berkasku di post berikutnya, entahlah kayaknya di sini ita di uji mental. Aku duduk dan kemudian panitia tersebut memberikan berbagai macam pertanyaan, yah dan aku bias menjawabnya dengan baik. Setelah proses bunuh diri selesai aku langsung pulang ke kost, akhirnya tahap kedua selesai akhirnya aku bunuh diri dan semua berlancar dengan baik.

Mengatur Jadwal Latihan
            Hari ini jumat, 28 Desember 2012, sangat melelahkan dan  akhirnya sekarang aku sudah berada di sini berkumpul bersama teman-teman calon anggota Upksbs UMI, di pelataran mesjid Umar Bin khattab, menyimak apa yang disampaikan kanda-kanda senior terkait outdor, lanjutan dari LDK XII UPKSBS UMI.
            Hari ini kami membicarakan tentang jadwal latihan kedepannya, dan jadwal pun telah disepakati, sepertinya hanya ada satu hari yang libur. Setelah maghrib aku minta izin pulang duluan, sebab aku harus menyelesaikan laporan kimia untuk seminar besok.


Latihan Pertama Olah Rasa
            Hari ini kamis, 2 Januari 2013 adalah latihan pertama kami, sebenarnya kemarin tepatnya tanggal satu kami seharusnya sudah mul;ai latihan, namu karena cuaca yang tidak memungkinkan yaitu hujan deras tanpa jeda sehingga kami sepakat untuk membatalkan latihan kemarin.
            Hari pertama latihan kami ngaret satu jam, yang seharusnya jam empat sore, tapi karena teman-teman telat jadi, latihannya di undur ke jam lima.
            Latihan olah ras hummm….. seru, kami disuruh tutup mata terus berjalan, kali ini yang difungsikan yaitu indra pendengaran dan perasa, tapi ternyata gak mudah dan hasilnya aku hamper saja jatuh oohhh… namun untuk kedua kalinya aku sudah mulai bias. Setelah olah rasa kami kemudian diberikan instruksi untuk melakukan konsentrasi, ini juga masih bagian dari olah rasa, namun karena ternyata diantara kami masih ada yang belum saling mengenal, nah karena itu kak Sambredet memberika games menarik yaitu amanah saling kenal mengenal (hehehee… sebenarnya bukan itu nama gamesnya tapi karena gak tau namanya jadi itu aja yah namanya). Setelah games kami istrahat sejenak untuk shalat maghrib kami disuruh berkumpul di helliped bersama anak music untuk melanjutkan olah rasa. Nah, kali ini kami diinstruksikan untuk melakukan pertunjukan dalam pikiran kami. Latihan ini sungguh menarik, yang bertujuan untuk membuat kami menghilangkan lupa, kami disuruh untuk mengingat apa yang telah kami lakukan selama ini dan mengingat bagaimna kami tampil pada saat malam apresiasi, tetapi ini tidak berlangsung lama untuk anak music, sebab kak Isman kemudian memanggi mereka untuk berlatih kembali.
            Nah, untuk anak teater sendiri olah rasa tetap dilanjutkan ketahap yang lebih tinggi, disini kami juga bermain gesture, nah kami melakukan pertunjukan juga dengan gerak.Wah ini yang paling aku suka, aku bisa meluapkan semua emosi kejengkelan, marah, dsb. This is so very insteristing for me, love this moment.
            Setelah latihan olah rasa kami kemudian harus latihan yang sesungguhnya, teater.Sebelum latihan kami melakukan pemanasan terlebih dahulu. Kami jalan santai, lari kecil, lari mundur kemudian diakhiri dengan sprint, tapi asyik juga bisa lari ambil joget  karena anak perkusi juga latihan dan suara perkusinya membuat kami berjoget-joget hehhehheh… seru, seni memang asyik I Love U Art.
            Nah, sekarang latihannya dimulai, pertama-tama kami disruh menggerakan seluruh otot-otot muka kami, hehehheeh lucu juga. Setelah itu kami disuruh mempelajari ekspresi yang diperagakan oleh kak sambredet hehheehh… ngeri, susah juga kami disuruh menahan leher dan disuruh memperagakan bagaimana layaknya orang yang ingin berbicara tapi tidak  bisa. Setalah itu kami latiahan dengan kursi, berjalan dan melompat di atas kursi, susah juga ternyata teater itu gak segampang yang ku bayangakan berakting, bicara hummm tetapi ternyata fisik juga, setelah pukul 22.00 kami mengakhiri latihan hari ini dengan membaca doa.

Bye  Bye Aceng
            Hari ini Jumat, 4 januari 2013, kami telat latihan, yah karena hujan. Kami baru latihan tepat pukul 05:30. Namun kami cukup bersedih sebab, kami mendengar kabar dari Ary bahwa Aceng mengundurkan diri.Ary mengatakan bahwa Aceng mempunyai masalah berat sehingga harus menyelesaikannya dan juga harus menyelesaikan perjuangannya di halaman rumah UPKSBS UMI. Hummm… Aceng, padahal kami telah menghabiskan beberapa hari ini bersamanya dan kami sudah cukup menyayangi Aceng.Kami sudah menganggap Aceng seperti saudara sendiri tapi kami juga tidak dapat berbuat banyak sebab aceng pergi begitu saja, semoga keputusan ini keputusan yang terbaik untuknya.
            Latihan hari ini menyenangkan menguras keringat dan tenaga, namun lekas juga sembuh sebab kebersamaan itu mampu menyapu keringat, mennghapus lelah namun, mundurnya Aceng dan isu akan dikeluarkannya Fhatan membuat kami bersedih. Kini semakin berguguran saja peserta ini, dan aktor-aktor panggung kini tersisa  lima orang. Aceng sampai jumpa teman, kami merindukanmu, bye bye aceeeeng.


Dan Fhatan Pun Pergi
            Latihan hari ini seperti biasanya pemanasan, olah tubuh kemudian setelah maghrib kami lanjutkan latihan move panggung. Tetapi, tak lama kemudian peristiwa mengharukan terjadi, kami disuruh duduk membentuk lingkaran oleh kak Ippi, tak lama kemudian kak Affan datang bersama Fhatan dan Devian. Kak Affan mulai membuka pembicaraan, kak Affan menjelaskan bahwasanya Fhatan sudah tidak dapat bergabung berama kami lagi, sebab sudah dua kali Fhatan tidak hadir mengikuti lataihan, kemudian oleh kak Affan, Fhatan diberikan kesempatan untuk berbicara, mengeluarkan kata-kata terakhirnya. Huhuhuuu Fhatan, kami semua bersedih kemarin baru saja aceng mengundurkan diri tanpa alasan yang jelas sekarang Fhatan pun juga harus pergi, kesedihan kami bertambah sekarang. Setelah Fhatan mengeluarkan kata-kata terakhirnya, kami pun bersalaman, salam perpisahan untuk Fhatan, good bye Fhatan, sampai jumpa teman kami akan sangat merindukanmu.
            Kemarin Aceng mengundurkan diri, dan sekarang Fhatan pergi besok siapa lagi yah??Ya Allah semoga tidak ada lagi di antara kami bertujuh yang keluar, Amin.Kami sudah saling menyayangi, sudah banyak suka duka yang kami lewati bersama-sama, I Love U LAPAR (Lakon Partai) LDK XII.Kemudian kami melanjutkan latihan, kami memperagakan adegan peradegan yang telah diajarkan susah-susah gampang. Susahnya itu  pada saat lompat di atas kursi, sebenarnya aku bisa cuman masih agak takut, tapi aku akan mencoba dan terus mencoba… semnagat Tika… keep fighting.

Olah Tubuh, Manjat Pagar
            Minggu, 6 januari 2013.Hari ini aku telat bangun. Aku bungun pukul 06:13, sebenarnya jam lima aku harus sudah bangun tapi mungkin karena saking capeknya makanya aku keasyikan tidur sampai-sampai jam alrmku pun tidak kedengaran olehku. Pas lihat jam aku kemudian sontak terkejut, oohhhh… tidaaakkk aku telat, kemudian aku bergegas cuci muka, gosok gigi, pakai celana training, cardigan serta jilbab, mengambil tas kemudian berlari ke kampus secepat mungkin. Di jalan kemudian aku bertemu dengan kak Fatimah, sebenarnya kami ingin naik becak ke kampus karena pintu belakang terkunci, tapi setelah menunggu beberapa menit dari pada telat aku kemudian memutuskan untuk manjat pagar. Yah..aku sudah terbiasa manjat pagar, tapi mungkin bagi kak Fatimah ini yang pertama kalinya, tpi tak apalah dari pada harus telat.
            Sesampainya disekretariat ternyata masih sepi, baru sedikit peserta yang datang. Pukul tujuh lewat beberapa menit kami pun berangkat, teman-teman yang lain naik motor sedangkan aku, Latifah dan beberapa teman yang lainnya naik mobil. Sesamp0ainya di Tanjung Bayang, wow… air lautnya kok warna coklat yah?? Hum.. aneh, ini untuk yang pertama kalinya aku melihat air laut berwarna coklat, mungkin karena dekat dengan muara sungai jadi, air yang berwarna coklat itu gabungan dari air sungai dan air laut, mungkin begitu hehheeheh..(sotta). Aku dan Latifah, sebenara penasaran kami ingin mencoba apakah rasa air laut itu tetap asin sekalipun teah berwarna coklat, aku kemudian maju untuk mencoba tetapi, latifah melarang, dia takut kalau nanti aku terseret ombak, lau kami kemudian mengambil kesimpulan bahwa, yang namanya air laut sekalipun telah berubah warna pasti tetap asin.
            Setelah semua peserta telah datang, kami berkumpul membentuk lingkaran dan berdo0a sebelum memulai olah tubuh.Setelah berdo0a kami disuruh berpindah ketempat kak Ippi, o0leh kak Ippi kami disuruh membuat lingkaran duduk, dan melakukan meditasi.Aku sangat suka meditasi semua keluh yang memenjarakan jiwa keluar, tawa, tangis huummm nice dan setelah itu fresh … semangat lagi. Setelah meditasi kami kemudian menyelusuri bibir pantai, langkah kaki kami harus tetap sama kiri dan kanan. Asyik juga larinya ombak-ombak menyapu kaki kami, yah tapi cape juga. Setelah berlari kami kemudian  membentuk lingkaran lagi dan oleh kak Agil kami disuruh membuat lubang untuk menanam kaki kami sampai lutut. Ser juga menggali lubang, setelah kaki tertanam, kami disuruh condong kedepang, belakang, kiri, dan kanan.Latihan ini berguna untuk menjaga keseimbangan kurang lebih seperti itu.Setelah itu kami kemudian dibagi ke dalam beberapa kelompok berdasarkan bulan kelahiran.Yahh seru juga permainan ini, tapi tetap donk kelompokku selalu jadi pemenang. Setelah games latihan pun berakhir, kami kemudian menyerbu air dan roti, lapaaaar tak lama kemudian jalang kote datang serbuuuuu…lagi deh. Tepat pukul dua belas kami pun pulang, tapi sebelum pulang kami kembali baca doa.
            Seperti saat berangkat pulangnya pun kami tetap naik mobil, dan yang lainnya naik motor.Sebelum pulang ke rumah kami disuruh ke secretariat dulu, tapi sesampai di secretariat ternyata sudah tidak lagi yang mau disampaikan untuk kami, hummmm. Setelah itu kami langsung pulang, karena malaqs untuk mutar lagi jadi aku mengajak kak haji dan ramla untuk manjat saja, untu mengefesienkan waktu dan tenaga heheheheh…. Tapi seperti halnya kak Fatimah ternyata ini juga untuk pertama kalinya mereka manjat pagar. Awalnya kak Haji tidak mau karena takut, tapi aku kemudian memberinya semangat bahwa dia pasti bisa dan tidak akan jatuh, kemudian mereka memberanikan diri untuk manjat pagar, dan akhirnya mereka pun ternyata bisa. Yeahh….. o0lah tubuh , manjat pagar hummmm itu ceritaku hari ini.. kamu??? Hheheheheh.


Lapar Galau
            Hari ini Selasa, 8 januari 2013, latihan yang kacau.Hari ini anggota lapar pada galau terlebih silfester, sampai-sampai kakiku jadi korbannya di jatuhi si pabalos kursiku, dan hasilnya memar berwarna merah hijau dan sakitnya bukan main. Entahlah latihan hari ini feelnya gak dapat, susah sekali menjiwai karatermungkin karena pemanasannya kurang hot dan juga suasananya yang tidak kondusif, sebab disebelah kami ada anak perkusi yang juga latiahan jadi, terganggu deh konsentrasinya kami oleh alunan musik perkusi yang membuat kami ikut bergoyang-goyang. 
            Latihan hari ini juga lucu sebab sebelumnya kami disuruh mengeksplor kursi kami sesuai dengan keinginan.Aku mengeksplor kursiku jadi boneka, ada yang jadi bayi, jadi mesin parut kelapa, jadi cermin, dan jadi piring hehehhe pokoknya lucu, tapi yang paling lucu pada saat kami bermain kaki dan tangan hhehehh seruu.
            Latihan hari ini berawal seru, lucu, menyenangkan, dan berakhir galau. Ada juga tuh yang gak kalah lucu yaitu pada saat kami disuruh berbicara dengan kursi masing-masing terus, kami juga disuruh memberi nama kursi kami. Aku menamakan kursiku pabalos, ada juga yang namanya Ade itu kursi Ary, kalau Indi member nam Beckham, Iman member nama kursinya sizuka, dan kalau Isaman memberikan nama Moko hhehehe.

Menari???
            Rabu, 9 Januari 2013. Latihan hari ini sangat melelahkan hummm…. Apalagi pada bagian prolog aku dituntut sebagai penari, padahal aku kan tidak bisa menari, yah tapi karena tuntutan peran so really willy must willy, so harus dan wajib untuk dilakukan.
            Tapi untuk peran menari ini aku gak dapet banget feelnya, tapi aku harus terus mencoba dan mencoba, yahh aku pasti bisa, o0leh karena itu kaka Ippi menyuruhku ikut olah tubuh bersama anak-anak divisi tari.Semoga aku berhasil, amin. Spiriiiiitttttttt Tikaaa..hhehehheheh!!!

Lapar, Lapar!!
            Jumat, 11 Januari 2013. Kursi-kursi mulai menyerah, sampai-sampai kursinya tinggal tiga yang bertahan oughhhh….!!.Ade dan Moko rusak, jadi untuk mengobati Ade dan Moko, terpakasa waktu latihan kami tersita.Selepas Isya kami pun memulai latihan kembali.Adegan prolog yah, masih pada adegan itu dimana aku sebagai penari, Iman seabagai tikus, Isman sebagai pencuri, Ary sebagai kodok, dan indi yang berlari-lari.
            Seperti biasanya sehabis latihan kami selalu kumpul-kumpul uang untuk membeli air dan gorengan, terus makan bareng dech… habis kami selalu Lapar Lapar  Lapaarr Lapaaarrrr hehhehehhe… ^_^!!!.




Kursi-kursi Mati
            Hari ini sabtu, 12 januari 2013.Latihan hari ini cukup melelahkan dan kursi-kursi kami bertambah rusak.Sekarang giliran pabalos dan beckham yang jadi korban.Adegan lompat-lompat dan prolog mungkin itu adegan yang agak keras bagi kursi-kursi sehingga kursi kami rusak, mati, dan tidak dapat dipakai latihan lagi.
            Kemudian untuk adegan prolog kak Ippi mengganti adegan tersebut dengan adegan ketawa-ketawa dan menangis sekencang-kencangnya kemudian lari ketakutan.Hummm aku suka adegan ini dari pada harus menari-nari hhuuuuu adegan itu sungguh melelahkan, dan akhirnya adegan itu diganti hummm senangnya. Kami kemudian berlatih dan berlatih lagi sampai-sampai untuk adegan ketawa-ketawa ini dadaku rasanya sesak susah ambil nafasnya, hummm ternyata tidak mudah juga, yah benar kata salah satu buku yang pernah kubaca kalau acting itu susah-susah gampang hehehehe. Latihan hari ini cukup menguras tenaga dan juga konsentrasi, karena jujur hari ini aku kurang fokus latihannya sampai-sampai beberapa kali di tegur oleh kak Ippi.
            Setelah jam menunjukan pukul sepuluh kami pun mengakhiri latihan hari ini dengan berdoa, semoga latihan berikutnya kami masih diberi Allah kesehatan dan kursi-kursi yang mati itu segera mendapatkan penggantinya sehingga latihan kami berjalan dengan lancar, Ammiieeeenn!!!.



Galau Jilid II
            Hari ini senin, 14 Januari 2013.Aku sedikit ketinggalan dalam latihan karena kemarin tidak ikut latihan sebab aku demam kepalaku pusing, dan ternyata latihan kemarin mengalami banyak perubahan sehingga pada saat latihan aku bingung untuk mencari gestur yang sesuai. Hummm agak kacau latihan hari ini, aku masih susah untuk menysuaikan diri dengan adegan yang baru dan kondisi kesehatanku pun belum begitu membaik tapi untuk Lapar aku tetap berusaha untuk ikut latihan sebab itu akan mengganngu teman-teman yang lain dan terutama aku akan banyak ketinggalan pelajaran.
            Latihan kami mendapat kritikan.Katanya penampilan kami tidak dan jauh lebih baik pada saat di somba opu.Kami tampil tidak energik lagi, jujur latihan hari ini aku sendiri memang kurang semangat, untuk latihan hari ini sedikit memaksa sebab kesehatanku juga belum membaik.Kami mendapat arahan dari pendamping, istrhat dan mengeluarkan uneg-uneg terutama tentang penampilan kami pada saat malam apresiasi, kami penasaran ingin melihat video kami pada saat pentas.Sehabis latihan kami mencari kaka den untuk mengambil video kami pada saat pentas, tetapi ternyata kak Aden tidak membawanya, hummm semoga besok videonya sudah ada, Aminn.Untuk latihan hari ini kami galau jilid II.
Sistematis
            Selasa, 15 januari.Latihan kami hari ini berjalan dengan lancar. Kursi-kursi kami yng telah patah juga sudah di ganti,.Pemanasan untuk latihan hari ini kami mulai dengan berlari mengelilingi kampus, sebenarnya seperti biasa kami berlari di hellypad tapi karena hellypad licin jadi kami keliling kampus.
            Untuk pemanasan hari ini hanya ada kami berenam sebab indi belum datang, hummm anak itu memang sering telat tapi, kami maklumi karena mungkin dia masih ada urusan dengan kuliahnya. Setelah pemanasan kami perenggangan dan meditasi, setelah itu seperti biasanya kami mendiskusiksn tentang teater kami, biasanya kami berdiskusi tentang gesture kami masing-masing apa sudah sesuai dengan pesan yang disampaikan ataukah masih membutuhkan penegasan-penegasan lagi, tentang kostum untuk sekarang kami belum membahasnya. Adzan maghrib dikumandangkan kami pun menghentikan latihan dan beristrahat untuk menunaikan shalat maghrib.
            Selepas isya kami melanjutkan latihan, kami semua sudah berkumpul di hellypad sembari menunggu kak ippi kami latihan kecil-kecilan untuk adegan pertama babak pertama, tak lama lemudian kak ippi datang dan kami pun melanjutkan latihan bersama pebunyi.Namun, pada saat latihan berlangsung tiba-tiba hujan turun, kemudian kami semua berlari menuju mesjid. Karena hujan kami melanjutkan latihan di bawah mesjid, latihan kami hari ini di tonton lagi oleh seorang senior, entahlah siapa nama senior itu beliau juga tidak memperkenalkan diri tapi dia mirip dengan kak dhani. Latihan kami mulai dari prolog babak pertama sampai akhir, setelah itu kami berkumpul lagi untuk mendapatkan komentar dari kak ippi. Tepat jam sepuluh kami mengakhiri latihan hari ini , Huuuuu melelahkan.
           
Uupzz… Masalah!!
            Hari yang melelahkan Rabu, 16 Januari 2013. Hari ini kami latihan sampai jam dua pagi huuuuu…. Sangat melelahkan, latihan kami hari ini kami perpanjang sampai jam dua malam, memang kami sengaja sebab masuh banyak yang harus diperhalus dari gesture-gesture kami terutama pada adegan pertama, babak pertama juga pada babak terkhir.
            Seperti biasanya sebelum latihan kami melakukan pemanasan, perenggangan lalu meditasi, kemudian diskusi lagi.Sembari menunggu kak Ippi untuk melepas kejenuhan kami bercanda bersama-sama, berpoto bersama dengan kursi-kursi kami.Tak lama kemudian kak Ippi dating, kami di arahkan untuk mencari lagi gesture yang cocok untuk babak terakhr… hummm babak terakhir masih sangat hancur.Kami berlatih terus mencari gesture yang cocok, pebunyi merekam semua aksi-aksi kami, hehhehee… lucu ternyata. Tak lama kemudian indi datang membawa fd yang di dalamnya berisi video pertunjukan kami pada saat maam apresiasi di Somba opu, karena tidak ada laptop jadi aku pulang ke kost untuk mengambil laptop dan kemudian kami nonton bersama-sama. Seperti biasanya setelah adzan maghrib kami beristrahat untuk shalat.
            Selepas Isya kami mulai latihan lagi, kami memulai dari babak pertama sampai akhir setelah cape kami istrahat, tapi hummm lapar kami kemudian pulang ke rumah Hendry untuk makan.Kami membeli nasi kuning di pinggir jalan kemudian menyantap bersama-sama di rumahnya Hendry.Sekitar pukul duabelas malam kami kembali ke kampus.Sesampai di kampus ternyata kampus sudah sepi tinggal beberapa senior dan anak rupa yang belum pulang.Indi belum datang jadi lami menunggu indi sembari diskusi dengan kak Ippi mengenai pementasan kami.Setelah indi datang kami melanjutkan latihan, sebelumnya kami pemanasan lari-lari seperti biasanya naik turun tangga.           
            Setelah kami merasa cukup kami mengakhiri pemanasan dengan perenggangan kemudian melanjutkan latihan. Kami memulai latihan dari prolog, pada adegan prolog ini kami lepas control tidak bias berhenti tertawa terlalu terbawa suasana, beberapa kalikak Ippi menegur untuk serius tapi karena benar-benar terbawa suasana kami tidak mengindahkan teguran kak Ippi lalu kak Ippi marah dan meninggalkan kami… oghhhh masalah.
            Meskipun kak Ippi marah dan meningglkan kami tapi kami tetap melanjutkan latihan mulai dari awal sampai akhir, setelah itu kami mengatur keluar masuk panggung yang masih ambrul adul, kemudian melanjutkan lagi latihan.Ternyata diam-diam kak Ippi mengamati kami dari jauh, hummm ternyata meskipun kak Ippi marah tetapi dia masih peduli dengan kami.Setelah latihan kami selesai kak Ippi langsung meninggalkan kami.Kami juga tau pasti kak ippi juga kecapean dan juga pusin Karen abanyak yang harus dia atur. Setelah tepat pukul dua kami pun mengakhiri latihan dengan membaca doa.

Lagi Sensi nich!!!
Kamis, 17 Januari 2013. Hari ini kami sepakat untuk latihan sehabis maghrib, yah karena hari ini sudah tidak ada jadwal latihan. Sebenarnya kemarin itu latihan terakhir kami tapi karena waktu pementasan di undur jadi kami tetap latihan. Sehabis maghrib aku sudah ada di kampus tapi yang kudapati baru Hendry hummm… gak tau tuhh kemana yang lain. Sekitar dua jam aku, Hendry, dan Isman menunggu teman-teman yang lain, kami berkumpul semua tepat jam delapan  setelah kami lengkap, kami kemudian pemanasan.
Seperti biasanya pemanasan kami berlari beberapa putaran, pada saat belari kami melintasi tempat anak penulisan latihan, tapi di sana aku tidak melihat Latifah, Latifah gak datang latihan??? Tanyaku dalam hati.Kemudian aku tetap melanjutkan lariku. Kami berlari sambil melompati Imam yang duduk jongkok di lintasan kami hehehhe… setelah pemanasan kami perenggangan dan melanjutkan latihan.
Hari ini kami tidak latihan di hellypad seperti biasanya, kami memilih latihan di bawah mesjid saja. Latihan kami mulai dari prolog, untuk prolog kami ulang tiga kali sampai benar-benar dapat, kemudian  adegan pertama di sini kami juga mengalami banyak pengulangan kareana jujur untuk adga ini aku mengalami kesulitan karena sering bertabrakan dengan actor lain. Kemudian masuk ke babak kedua untuk adegan kampanye kami tidak latihankan lagi karena kami merasa cukup untuk itu, sekarang yang kami perdalam yaitu di adegan kedua karena adegan itu masih butuh di perhalus. Sebelum lanjut ke babak berikutnya kami beritrahat dulu, jujur hari ini aku sebel banget sama si Iman itu banyak ngomong sekali dia mana aku lagi dapet, perutku sakit, mana lgi sensitive-sitifnya.
Setelah meraa cukup istrahat kami melanjutkan latihan, kayaknya hri ini teman-teman semua pada semangat latihan, sementara aku lagi malas-malasnya abis aku lagi dapet jadi cepat cape, terus perutku juga sakit uuukkkghhh……… hari ini menjengkelkan, malasss…!!!! Tapi teman-teman semua masih mengulang-ngulang terus  baak 4 dan 5 yang banyak menguras tenaga mana aku sudah tidak kuat. Pas bbak ketiga aku terjatuh..oookkhhh rasanya gak sanggup berdiri lagi. Karena anak-anak sudah kasian melihat aku dan jam juga sudah menunjukan jam dua belas jadi, latihan hari ini kami akhiri dengan membaca doa.


Isman Bagi-bagi Resep
Jumat, 18 Januari 2013. Hari ini kami latihan habis maghrib lagi seperti kemarin, sehabis maghrib aku ke kampus. Di kampus baru Isman dan Hendry yang kudapati, sementara di samping kami anak penulisan dan music sedang berdiskusi bersama pendamping mereka masing-masing. Sembari menunggu teman-teman yang lain kami membaca buku kami yan akan kami resume.
Sekarang sudah habis Isya tapi masih tetap kami bertiga teman-teman yang lain belum datang, hummmm ngaret lagi. Tak lama kemudian indi datang, sekarang kami bertabah menjadi empat orang, tak lam kemudian kami mendapat kabar kalau Iman sakit, Ari masih di jalan, dan devian entahlah dimana kami tak mendapat kabar.
Sambil menunggu Ari kami cerita-cerita entang libur panjang semester genap, Isman memulai ceritanya, katanya dia mau backpacker ke jawa dan kursus ke Pare.Isman menawarkan kami, kami tertarik… wahhh semakin menarik saja perbincangan kami.Karena merasa lelah kami jadi ngantuk, kami berpindah tempat ke atas mesjid.Kami kembali mulai berbincang-bincang, nah sekarang tentang makanan. Ternyata Isman pernah menjadi koki di salah satu cafĂ© dan resto di Makassar, Isman kemudian berbagi resep kepada kami heehehheh… ehh btw berbicara soal makanan jadi lapar nih.
Di tengah asyik berbicara tentang makanan akhirnya Indi dan Ary datang, yah bersambung dehh cerita kami. Sekarang kami memutuskan untuk tidak latihan karena personil kami tidak lengkap, jadi kami hanya membicarakan tentang konsep pertunjukan kami nanti dan busana yang akan kami pakai. Setelah mendapakan hasil dari diskusi kami, dimana jadwal latihan kami untuk besok yaitu pukul tiga sore serta latihan menggunakan kostum. Setelah semuanya jelas kami mengakhiri latihan hari ini dengan membaca doa.



Jadwal Pentas Pindah Tayang
            Hari ini Sabtu, 19 Januari 2013.Aku telat pergi latihan sebab tadi hujan keras dan aku gak ada paying, setelah hujannya redah baru aku ke kampus.Seperti biasanya aku ke kampus jalan kaki, sambil dengar music. Di perjalanan aku mendapat sms dari latifah, katanya dia lagi ada masalah, aku betanya dalam hati maslah apa yah??? Huummm mungkin dengan mamanya.Sesampai di kampus aku belum melihat anak teater, kemudian aku berkumpul dengan anak tari.Isu mulai beredar bahwa jadwal tapil berubah ke tanggal 27, hummm lamanya teman-teman mulai mengeluh karena sebagian dari mereka ada yang mau pulang kampung.Tak lama kemudian kak Trias mulai membahas tentang Latifah yang mengundurkan diri, hummm feelingku betul, pasti mamanya yang melarang.
            Setelah beberapa menit berbincang-bincang dengan anak tari, kemudian sms Isman masuk, katanya dia ada di mesjid.Aku kemudian mencarinya danakhirnya menemuknnya bersama Ary sedang duduk di tangga, aku menghampiri mereka dan larut dalam suasana menunggu lagi. Kami kemudian berbincang-bincang lagi tapi kali ini pikiranku kemana-mana, aku memikirkan Latifah, aku belum terima ia keluar.
            Sepertinya hari ini kami latihan tanpa Iman krena Iman masih sakit, sedangkan Devian kedatangan orang tuanya jadi tidak bias ikut latihan. Sehabis Isya kami memulai latihan kami,  seperti biasanya kami berdoa terlebih dahulu lalu pemanasan kemudian perenggangn dan lanjut latihan. Baru saja kami masuk ke babak pertama, tiba-tiba kami dipanggil untuk berkumpul bersama peserta yang lain sebab akan ada penyampaian dari stering.
            Kakanda steering menyampaikan bahwa jadwal pementasan di undur ke tanggal 27, sebab Auditorium Aljibra belum selesai direnovasi. Kemudian di lanjutkan pada pembahasan tentang laporan karya, resume buku, dan  catatan proses, dan lanjut ke sesi uneg-uneg. Teman-teman ramai bertanya dan mengungkapkan pernyatan mereka terkait tentang proses outdor. Setelah pukul sepuluh kurang limabelas menit kak stering menutup pertemuan hari ini.Setelah pertemuan tadi kmi sepakat untuk tidak melanjutkan latihan, sebab teman-teman semua tidak bergairah lagi dan kami hari ini juga tidak lengkap. Seperti biasanya latihan kami akhiri dengan membaca doa, kali ini doa special kami tujukan untuk ibunda kak kandar yang sedang di eawat di rumah sakit dan juga untuk Iman, semoga mereka cepat sembuh, amieen.

Pesta Lesehan Halaman Rumah
            Senin, 21 Januari 2013. Hari ini kami latihan dengan serius karena nanti akan diadakan geladi kotor  atau pesta leseha halaan rumah. Latihan kami hari ni mendapatkan penambahan  adega pada babak ke empat. Pada adegan pengalungan dasi, kami juga melakukan perubahan pada adegan tersebut.
            Setelah shalat isya kami di surh berkumpul di bawah mesjid ole kakak-kakak senior.Pesta lesehan halaman rumah pun di mulai.Penampilan pertama oleh The Rainbow hummm penampilan mereka lumayan bagus, kami sangat menikmatinya.Tak lama kemudian giliran divisi tari yang tampil, aduh kami mulai deg-degan, karena setelah itu giliran kami yang tampil. Hummm... aneh sekali tidak seperti pada saat malam apresiasi di ruang tamu , beda sekali rasanya kami lebih deg-degan saat ini, waduhhh... semoga kami nanti tidak gugup dan pentasnya berjalan dengan lancar.
Sebelum kami tampil, kami berdoa terlebih dahulu, dan kini saatnyakami tampil. Humm.... berangsur-angsur rasa deg-degan itu hilang, kami tetap tenang menampilkan karya kami. Setelah pertunjukan kami selesai penonton kemudian bertepuk tangan. Hhuuu... akhirnya selesai juga, sangat melelahkan. Acara lesehan karya diakhiri dengan menyanyikan lagu malam-malamku, hummm... malam ini sangat berkesan, aku sangat menikmatinya, tapi akan lebih indah bila Latifah masih bersama-sama kami, hummm.... aku merindukanmu sahabat.

Karakter Baru
            Selasa, 22 Januari 2013. Hari ini kami latihan lebih cepat dari hari biasanya, hari ini cuaca juga cukup baik untuk olah tubuh. Sebelum kami mulai latihan seperti biasanya kami berdoa kemudian olah tubuh, olah tubuh hari ini cukup ringan, hanya berlari-lari kecil di sekitar kampus. Kami berlari-lari beberapa putaran kemudian kami singgah berpoto dengan baliho pementasan kami, kemudian kami lanjut berlari lagi. Olah tubuh hari ini kami sangat menikmatinya, kami berlari di sekitaran kampus dan tepat disamping Auditorium Aljibra, Isman berhenti berlari kemudian memanjat sebuah pohon kelapa yang buahnya cukup banyak, wahhh asyiik ni bisa menghilangkan dahaga. Isman kemudian menjatuhkan bebrapa buah kelapa dan kemudian Ari dan devian mengambilnya. Kami mulai kebingungan bagaimana cara meminum air kelapa itu, sebab kami tak mempunyai satu pun senjata untuk membuka kulit kepala tersebut, hummmm.... kemudian ari kedatangan ide, Ari memukul-mukulkan kelapa tersebut ke aspal dan kemudian buah kelapanya terbelah, kami mulai berebutan untuk meminum air kelapa tersebut. Isman terus menjatuhkan buah kelapa, tapi kami sudah kewalahn membuka buah yang lain tapi susah.
            Hari ini setelah olah tubuh kami melanjutkan latihan kami di hellyped. Kali ini kak Ippi menyuruh kami untuk menggambarkan plot, arah masuk dan keluar kami di panggung, untuk kemudian dibuatkan lampu. Hari ini kak Bram juga datang melihat latihan kami, memberikan kami kritik dan saran atas antas penampilan kami tadi malam di pesta lesehan karya. Kak Bram mengomentari bahwa ekspresi kami belum dapat dan begitupun dengan pengkarakterannya, kemudian kak Bram mengarahkan kami mulai dari moving, penguasaan panggung, karakter dan ekspresi. Kak Bram juga menyarankan kami untuk memperdalam karakter, misalnya aku penguasa penyebar janji, harus centil. Nah centil..???? hummm luar biasa jauh dari karakter asliku, tapi yah aku ini aktor jadi harus menuruti naskah. Hummm karakter ini cukup menantang, but I like it, kemudian seperti biasanya pada pukul 22:00, kami mengakhiri latihan dengan membaca doa.
           

Akhirnya Karakternya Dapat
            Rabu, 23 Januari 2013. Hari ini aku telat pergi latihan karena hujan dan aku juag merasa kurang enak badan. Tepat pukul tujuh , aku sudah berada di pelataran mesjid bersama teman-teman yang lain. Tapi latihan kami belum dimulai sebab Isman dan teman-teman yang lain sedang membantu kak Ippi memasang lampu. Sembari menunggu mereka memasang lampu, aku berbaring sambil mendengarkan musik.
 Setelah shalat Isya lampu pun selesai dipasang dan kami mulai latihan. Seperti biasanya, sebelum kami latihan kami awali dengan berdoa terlebih dahulu, setelah kami berdoa kamipun melanjutkan latihan. Latihan pembangunan emosi,itu yang kami lakukan hari ini dan move berdasarkan letak lampu.adegan per adegan pun kami mainkan, salah lagi ulang lagi. Tapi, kami juga mengalami kesulitan dalm latihan kami, sebab pebunyi kami kurang satu, Hendry pulang kampung dan dalam hal ini Devian juga belum bisa menyesuaikan musik dengan gestur kami. Latihan dan latihan, dan akhirnya kami bisa menguasai karakter kami masing-masing, hummm... centilitu tidak gampang, sampai-sampai keringatan, hanya untuk memerankan karakter tersebut. Pukul 23:00, kami mengakhiri latihan kami hari ini dengan membaca doa.

Down!!!
Kamis, 24 Januari 2013. Latihan yang melelahkan. Latihan kami hari ini diawali dengan olah tubuh, lari seperti burung dan berjalan jongkok untuk memperkuat kuda-kuda, dan kemudian diakhiri dengan meditasi, melakukan pertunjukan dalam pikiran. Setelah olah tubuh, kamipun memulai latihan. Kami mulai dari babak prolog kemudian ke adegan selanjutnya. Latihan kami hari ini mengalamipenurunan, energi kami tidak keluar. Oohh... jujur aku memangtadi demam, jadi wajar kalau latihan kami hari ini gak dapat, sebenaranya hari ini kami pengen libur latihan, tapi karena dapat sms dari Indy, kalau kak Bram menyuruh kami untuk latihan jadi, yah harus datang. Sebelum kami mengakhiri latihan, kami sharing terlebih dahulu mengenai kostum kami untuk pertunjukan nanti. Setelah sharing, kami berdoa dan berakhirlah latihan kami hari ini.

Down Jilid II!!!
Jumat, 25 Januari 2013. Hari ini kami geladi kotor di Auditorium Aljibra, sekarang kami latihan menggunakan kostum. Humm.... gak terasa yah 1 hari lagi kami akan pentas, dari latihan kami satu bulan. Oughh.... latihan kami mulai dari adegan pertama sampai akhir, humm.. dan kami masih melakukan kesalahan terutama pada jalur keluar masuk. Latihan kami pending bebrapa jam, setelah shalat Isya kami kembali melanjutkan latihan kami. Latihan sekarang, kami fokuskan pada adegan kampanye dan ruang keluarga. Kata kak Bram, pada saat kampanye suaraku kurang keras, begitupun dengan intonasinya, apalagi centilnya belum dapat, hummmm..... Tika.
Setelah kampanye lanjut ke adegan ruang keluarga, kata kak Bram aku juga terlalu cepat untuk menyelesaikan adegannya, hummm.... salah lagi. Setelah pukul sebelas lewat beberapa menit, kami mengakhiri latihan, tapi sebelumnya kami sharing terlebih dahulu. Kak Bram menegur aku, katanya makin hari, aku semakin down, energinya tidak keluar humm...memang benar aku kurang dapat feelnya, apalagi saat kampanye itu. Kemudian kak Bram menyarankan untuk makan vitamin dan buah. Setelah membaca doa, latihan kami hari ini pun berakhir.


Yeachhh Latihan Terakhir!!!
Sabtu, 26 Januari 2013. Tak terasa besok kami sudah pentas akan pentas dan hari ini adalah latihan terakhir kami. Hari ini kami latihan di atas panggung dengan menggunakan lampu.tapi jujur saya malu-malu saat disuruh latihan kampanye dengan gayacentilku itu, ukh.... geli. Hummm tapi yah harus, kalau gak latihan bisa-bisa nanti bertambah kacau ooohhh....
Latihan hari ini kami fokus pada pergantian kostum hummm....yang ku khawatirkan di sini adalah jilbabku kalau sampai penitiku hilang. Kami terus latihan dan latihan hingga adegan ini beberapa kali diulang. Setelah masuk maghrib kami mengakhiri latihan kami untuk beristrahat sejenak, setelah pukul tujuh kurang lebih kamipun melanjutkan latihan. karena panggung digunakan oleh anak penulisan jadi kami latihan di bawah panggung. Latihan kami kali ini untuk adegan unta-unta kami tidak membanting kursinya lagi sebab latihan kemarin membuat kursi-kursi kami jadi rusak lagi, tapi kursi kemarin yang rusak itu kini sudah mendapat ganti.
Latihan ini kami perdalam pada adegan berebut kursi dan pada babak terakhir. Setelah pukul sembilan lewat beberapa menit kamipun mengakhiri latihan kami dengan membaca doa.


Pesta Halaman Rumah .... yeachh Sukses!!!!
Minggu, 27 Januari 2013. Hari ini yang kami tunggu pesta halaman rumah. Hari ini acara pesta halaman rumah dimulai pada pukul sembilan pagi acara pembukuan  pesta halaman rumah yang di buka oleh Pembina UPKSBS UMI. Tapi saya tidak ikut pada acara pembukuan, sebab saya telat bangun oohhh... Setelah pukul duabelas lewat beberapa menit, Indy dan Risal datang ke kost menjemputku untuk mengambil proprerti, astaga padahal aku belum mandi propertinya pun juga belum jadi semua oohhh... Tapi yah mau tidak mau harus ke kampus, Indy juga sudah menunggu di depan kost.
Sesampai di kampus teman-teman pun membantu kami menempeli kertas pada properti yang belum jadi huummm.... Setelah propertinya terpasang, kami pun mulai latihan tapi kami tidak menggunakan kostum lagi. Setelah selesai latihan kak Bram menyuruh kami untuk makan dan kembali ke Auditorium Aljibra. Sebelum 13:30 karena akan diadakan geladi bersih. Teman-teman yang lain ke kostnya Hendry untuk makan, sementara aku kembali ke kost mandi dan mengambil kostum juga.
Tepat pukul empat lewat beberapa menit kamipun memulai geladi bersih, geladi bersih kami hanya, untuk adegan terakhir hormat. Setelah geladi bersih, kak Bram menyuruh kami untuk makan malam lebih awal sebab pukul enam kami semua harus berkumpul di Aljibra untuk make up dan bersiap-siap untuk tampil.
Pukul enam kurang lebih, kami sudah berkumpul di Auditorium Aljubra, oleh kak Risna kami disuruh make up kami jangan terlalu tebal make up, ganti baju, dan semuanya selesai. Kami pun diarahkan untuk berkumpul dan berdoa untuk pementasan kami malam ini. Setelah berdoa bersama teman-teman peserta dan senior, kami anggota teater Lapar kemudian mengambil tempat tersendiri untuk berdoa agar pementasan kami berjalan dengan lancar. Untuk pementasan hari ini aku tidak gugup seperti pada saat lesehan karya, rsanya biasa saja seperti pada waktu pentas di Somba Opu.
Pukul delapan tepat pesta pun dimulai, penampilan pertama oleh pertunjukan dari divisi rupa, kemudian dilanjutkan oleh teater tangan “ Orang Malam”. Setelah Orang malam kemudian dilanjutkan oleh D'rainbow dengan judul lagu “Impian Koruptor”. Kemudian tak terasa sekarang pertunjukan teater Lapar dan itu kami, kami yang tampil. Sebelum tampil kami berdoa terlebih dahulu dan saling memberi support satu sama lain. Dan pertunjukan kami dimulai, dan sekarang aku yang masuk dengan gaya centilku, setiap aku bergerak selalu ada teriakan menggoda dari penonton ohh... apa ini. Dan sekarang tiba di adegan kampanye, ini adegan yang paling aku takutkan salah oohhhh.... dan Alhamdulillah lancar. Sekarang kami tiba di adegan terakhir, dan OMG aku benar-benar kecapean, adegan terakhir aku salah tapi untuk aku langsung improve, hummm selamat.
Alhamdulillah latihan kami selama ini terbayarkan oleh tepuk tangan penonton, yeahhh pesta halaman rumah telah usai, kami sangat bahagia dan pesta halaman rumah pun berakhir dengan lagu sahabat malam-malamku. Kami berphoto, berloncat-loncatan, gembira ria, yeahh... sukses, kami sangat gembira. Setelah  pesta halaman rumah kamipun membersihkan Auditorium Aljibra, gotong-royong bersama-sama, setelah membersihkan kami pun makan masakannya kak Santi hummm... nikmat sekali. Suasana malam ini begiitu indah, bahagia, senang, terimah kasih yah Allah atas nikmatmu dengan kebersamaan kami.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar